Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Endang Sumarti, Mbah Sami, dan Mak Harti

Endang Sumarti, Mbah Sami, dan Mak Harti

Mak Harti sang pembuat kue cucur, warga RT 04 RW 02
Kembang.
Akhirnya Mbah Sami dan Mak Harti mendengarkan lagu Endang Sumarti saat Ramesty Band membawakan lagu tsb pada acara pesta pernikahan putrinya Mbah Sami, Kamis Wage 1 Nopember 2012. Lagu tersebut diciptakan oleh Didin (Sekar Gandrung) untuk didedikasikan pada Mbah Sami dan Mak Harti yang telah melestarikan kuliner tradisional, yakni cucur dan klepon, dan masih bertahan hingga sekarang.

Mbah Sami warga RT 04 RW 02 sehari-harinya membuat jajanan pasar klepon dan cethot. Beliau mulai profesi ini sejak masih gadis, puluhan tahun silam. Sedangkan Mak Harti yang juga warga RT 04 RW 02 Jinggotan adalah pembuat jajanan yang dikenal sebagai kuliner khas Kembang yaitu cucur.


Menurut Mak Harti cucur adalah khas Kembang. Orang luar Kembang tidak atau kurang mengenal.  “Wonten kados cucur ten daerah Purwodadi, tapi ngangge tepung ketan. Nek Kembang mriki kan ngangge tepung beras,” jelasnya.

Lebih lanjut Mak Harti menuturkan, “Jane tiyang Kembang engkang saget damel cucur niku kathah. Tapi kathah-kathahe kan dho mboten nyade. Nek kulo nyade nggih nglayani pesenan.”
Sayang Mbah Sami tidak mau difoto, sehingga kami tidak bisa menampilkan fotonya di sini. “Aku pancen emoh nek difoto thek. Aku mlayu angger ono wong moto aku. Iki tah deloken foto-foto ngantenan wingi kuwi ra ora ono gambarku ko sijio,” ujarnya.

Sudah saatnya kita memang terus berupaya melestarikan dan mendukung kuliner tradisional, agar tidak punah ditelan zaman. Lagu Endang Sumarti ini sangat membantu dalam mempopulerkan kuliner tradisional seperti cethot, klepon, dan cucur yang diproduksi Mbah Tami dan Mak Harti.***

Berikut ini liri lagu Endang Sumarti (Ramesty Band).



Endang Sumarti

Endang Sumarti.. prawan ayu sing tansah ono ing ati
Eeeendang Sumarti.. kembang deso, deso kembang pinggir kali
Senajan klepone Mbah Sami ning Jeporo nomer siji nanging isih kalah karo eseme dik Sumarti
Ojo dumeh cucur gaweane Mak Harti ati rusak ati ancur ditolak dik Sumarti

E-e-ndang Sumarti.. prawan ayu sing tansah ono ing ati
E-e-e-ndang Sumarti.. kembang deso, deso kembang pinggir kali
Opo aku wis kenthir.. opo aku wis rak waras..
Ora tau gelem mikir yan ora kuat tuku beras
Sing tak pikir mung sliramu dik Sumarti sing ayu
I love you and I miss you

Opo aku wis kenthir.. opo aku wis rak waras..
Ora tau gelem mikir yan ora kuat tuku beras
Sing tak pikir mung sliramu dik Sumarti sing ayu
I love you and I miss you (4 x)



Back To Top