Home » » Keindahan Bunga dan Khasiat Jambu Bol

Keindahan Bunga dan Khasiat Jambu Bol

Written By Sekar Kampung on Sabtu, 19 Januari 2013 | 10.39

Jambu bol di halaman rumah Ibu Mamik RT 02 RW 02
Kembang Jinggotan. Foto ini diambil pada Senin Pon 14
Januari 2013, 12:55:36.
Pernahkah anda melihat keindahan bunga jambu bol? Saya kira tidak banyak di antara kita yang benar-benar menikmatinya. Karena jambu bol tergolong pohon buah yang tidak tumbuh banyak di lingkungan kita, walau juga tidak bisa dianggap langka.

Kebanyakan anak terutama perempuan pasti menyukainya, karena warna pink cerahnya yang menggoda.

Hari-hari ini adalah musim jambu bol berbunga. Jika anda ingin menyaksikan sendiri silahkan ke rumah Ibu Mamik RT 02 RW 02 Kembang (Kulon). Bunga-bunganya yang rontok mewarnai secara mencolok merubah warna tanah di bawahnya menjadi pink.

Sesekali anak-anak sengaja mengumpulkan bunga-bunga yang rontok itu untuk dibikin mainan membentuk tulisan atau format-format tertentu.


Khasiat Jambu Bol

Bunga jambu bol. Warna pinknya yang menggoda.
Jambu bol (atau jambu kepal dan jambu merah) adalah pohon buah kerabat jambu-jambuan. Buah jambu ini memiliki tekstur daging yang lebih lembut dan lebih padat dibandingkan dengan jambu air. Tidak begitu jelas mengapa namanya demikian karena bol (bahasa Melayu) atau bool (bahasa Sunda) berarti "pantat".
Nama-nama daerahnya di antaranya jambu bo, jambu jambak (Minangkabau), jambu bool (Sunda), nyambu bol (Bali), jambu bolo (Makasar), jambu bolu (Bugis). Juga, jambu darsana, dersana, tersana (Jawa, Madura); kupa maaimu (Sulawesi Utara); nutune, lutune, lutu kau, rutuul (Maluku) dan lain-lain.
Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Malay apple, sementara nama ilmiahnya adalah Syzygium malaccense (yang berarti: ‘berasal dari Malaka) menunjuk pada salah satu wilayah asal-usulnya.

Air seduhan kulit kayu pohon jambu bol dipercaya dapat meredakan sariawan, sedangkan bubuk dari daun keringnya bisa mengatasi luka di lidah. Akarnya digunakan untuk mengobati gatal-gatal. Juga bersifat diuretik dan dapat mengatasi bengkak, meredakan disentri, peluruh haid dan bersifat abortif (penggugur).

Di Kamboja air seduhan daun, buah, dan bijinya dipakai untuk mengatasi demam. Jus daun mudanya digunakan sebagai pelembab kulit.

Di Brasil, seluruh bagian pohon jambu digunakan untuk mengobati sembelit, diabetes, batuk, sakit kepala, dan radang selaput lendir pada saluran napas. Biji, kulit kayu, dan daunnya menunjukkan aktivitas antibiotika dan memiliki efek terhadap tekanan darah dan pernapasan.

Jus daun jambu di Samoa digunakan untuk mengobati infeksi mulut. Ekstrak kulit kayunya digunakan untuk infeksi tenggorokan, sakit perut, daan gangguan lain pada pencernaan.

Kandungan gizi: Serat, kalsium, fosfor, vitamin A, tiamin, riboflavin, asam askorbat, niacin.



Sumber:
- http://www.hort.purdue.edu/newcrop/morton/malay_apple.html#Food%20Uses
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sekar Kampoeng - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger