Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Kemah Liburan Taman Belajar Al-Azhaar

Kemah Liburan Taman Belajar Al-Azhaar


Perkemahan dalam rangka mengisi liburan dilakukan oleh kelompok Taman Belajar Al Azhaar (TBAA) pada Sabtu Pahing sampai Ahad Pon (29-30 Desember 2012) di halaman rumah Bapak Supriyanto warga RT 01 RW 02 Jinggotan Kembang.

Perkemahan ini diikuti oleh sekitar 50 anak yang terbagi dalam 2 tenda besar dan 2 tenda mini. Kegiatan-kegiatannya ada yang bersifat keagamaan, berkebun, pentas seni, senam, kerja bakti, dan permainan.
Semua riang...
2 tenda besar dan 2 tenda mini.












Kak Indra mendampingi peserta bermain
jamuran. Sebuah perrmainan tradisional
Jawa yang mulai dilupakan.
Berkebun..








Kak Chakim mendampingi sedang
membagi kelompok.

Praktek shalat dhuha di musholla
Al-Hikmah












Pada puncak kegiatan yaitu api unggun masing-masing kelompok menampilkan kebolehan mereka. Rata-rata bernyanyi secara berkelompok. Ada juga yang bershalawat. Dan yang paling memukau penonton adalah sebuah kelompok yang menampilkan gerak dan lagu. Lagu Aku Anak Gembala. Acara api unggun ini diawali dengan pemutaran dokumentasi foto TBAA. Tidak hanya para peserta tetapi juga warga sekitar ikut senang menyaksikan acara ini.

Di antara rangkaian kegiatan juga terdapat acara menonton film edukatif bersama.
 ***

TBAA merupakan Komunitas Belajar yang terselenggara berkat gotong-royong warga (komunitas). Ia bukanlah sebuah institusi pendidikan layaknya TPQ, madrasah, atau sekolah. Tapi penyelenggaraannya benar-benar atas dukungan warga. Tanpa gedung dan tanpa manajemen persekolahan.

Belajar ngaji al-Qur'annya di rumah salah seorang pengelola, Pak Supriyanto. Juga sesekali di musholla depan rumahnya.

Demikian pula perkemahan ini, didukung oleh kakak-kakak pendamping. Kak Didin, Tyo, Indra, Ilung, Bidin, Rohmatun, Shiroh, Chakim, Arif, Liya, dan Zudin. Mereka bukan guru layaknya di sekolah atau madrasah. Tapi membantu penyelenggaraan perkemahan tsb atas nama warga/pemuda.



Back To Top