Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Kami Berharap dengan Sepenuhnya Cinta dan Kesungguhan...

Kami Berharap dengan Sepenuhnya Cinta dan Kesungguhan...

Kami adalah sebuah komunitas pemuda di desa Jinggotan Kembang Jepara. Kegiatan utama kami adalah menerbitkan buletin komunitas yang kami beri nama Sekar Kampoeng (SK). Sekar berarti bunga, dan kampoeng ya kampung atau desa. Dengan nama ini kami berharap bahwa kegiatan kami akan menyenangkan kebanyakan warga di komunitas kami, sebagaimana bunga yang mengharumkan lingkungan.

Kami mulai beraktifitas sejak akhir Juni 2011. Dan buletin kami yang perdana terbit pada 3 Juli 2011. Kami benar-benar tidak mengira bahwa SK akan terus mendapat perhatian baik dari warga. Seperti sekarang ini, kebanyakan warga di sekitar kami tahu kiprah SK, dan itu adalah kesan yang sangat positif. Warga jadi memiliki semacam "kesadaran bermedia", bahwa bermedia itu perlu dan bermanfaat. Mereka menjadi tahu perkembangan desanya lebih terperinci.


Setiap pembangunan dan kegiatan yang sekiranya perlu dipublikasikan akan kami liput. Keadaan pemerintahan desa, termasuk masalah keuangannya juga tak luput dari perhatian kami. Termasuk hal-hal yang nampaknya sepele, tapi sebenarnya menarik untuk diketahui juga kami usahakan terliput. Contoh, suatu hari ada seorang warga yang sakit gara-gara dipatil lele di sungai. Katanya, lelenya besar sekali. Akibatnya dia harus dibawa ke dokter di desa kami untuk mendapat perawatan segera. Pesan yang tersirat dari berita ini, yang menarik bagi kami adalah bukan keadaan sakitnya si dia, tapi ternyata kegiatan pelestarian sungai di kampung kami bisa dianggap berhasil sehingga bisa menghidupi lele-lele liar hingga besar. Pasti akan sakit sakeli dipatil lele besar... hehe.

Begitulah kegiatan kami. Sekarang kami bersyukur sekali, bisa menjalankan SK hingga setahun lebih, dan agaknya warga masih terus antusias mengikutinya. Hingga kini SK beroplah sekitar 230 eksemplar. Sekitar 100 eks untuk pelanggan yang kami antar ke rumah mereka masing-masing, dan sisanya untuk dibagi ke tempat-tempat umum, jejaring ISF, dan para sponsor.

Selain penerbitan tercetak kami juga mempublikasikan SK secara online melalui blog http://sekarkampoeng.blogspot.com. Semua arsip SK digital juga kami publish di blog ini.


Sanggar Bersama Pemuda Jinggotan

Sejak awal Agusutus 2012 lalu pemerintah desa berkenan meminjamkan sebuah bangunan milik desa untuk kami jadikan sebagai semacam basecamp, dan lantas kami resmikan namanya sebagai Sanggar Bersama Pemuda Jinggotan. Lokasinya sangat strategis, 50 meter dari pertigaan pasar Kembang (Sarkem), atau jalan Kembang - Dudakawu km 0,2 Jinggotan. Sanggar ini diperuntukkan bagi siapa saja yang berjiwa muda tanpa pandang usia. Semua komunitas di Jinggotan. Tanpa pandang bulu.

Kalau kebetulan lewat dan berkenan, silahkan mampir. Tentu kami senang.

Itulah sanggar kami. Di depannya itu
ada burung Ababil yang menang lomba saat Pawai Takbir 1433 H lalu. Anak kecil berkaos kuning itu putranya Subhan, si empunya Sanggar... hehe.
Suasana Ngabuburit, Sabtu Kliwon 4
Agustus 2012 (Ramadhan 1433 H).
Ngabuburit ini dilangsungkan selama 4
hari, sejak Jum'at Wage 3 Agust - Senin
Pahing 6 Agustus 2012. Ini adalah kali
yang kedua Sekar Gandrung bekerjasama
dengan komunitas pemuda lainnya ngadain Ngabuburit, setelah yang pertama pada Ramadhan 1432 H tahun lalu.
Ada yang jualan Pempek di depan Sanggar. Pempek Mas Nduuut, oleh Mudhofar dan Chakim. Ada juga minuman. Mau kopi hitam (Kopi Tempur), dll... monggoooo.. :). Selasa Legi 9 Oktober 2012 20:27.
Tepat setelah Asar, berpose bersama saat mau berangkat ke desa Tempur untuk selanjutnya muncak ke Saptorenggo (Puncak Songolikur) sore itu juga. Sabtu Legi 29 September 2012.
Ngrumpi dengan beberapa teman jejaring Ideas Share Forum, Selasa Legi 9 Oktober 2012  20:40. Ada Hasan (Gamapetra Kepuk, Saifuddin (Senja Saujana Bugel), dan Burhan (B3 Banjaragung).
Ngrumpi asyik di halaman Sanggar bersama teman-teman Jenggala. Kamis Pahing 20 Sept 2012.


Bahkan gaung kegiatan kami rasanya meluas hingga ke luar desa. Kami sadar sekali tentang ini. Namun bukan karena itu lantas kami menjadi bangga. Apalah artinya kebanggaan saja. Kami hanya ingin agar kami tetap semangat dan serius dalam setiap program yang telah kami rencanakan, dan akhirnya membuahkan berbagai kemanfaatan buat warga dan lingkungan. Dan seperti itu pula yang kami harapkan untuk terlimpahkan ke teman-teman kami di desa-desa lain, sehingga kami bisa saling mendukung, mengingatkan, dan mengapresiasi. Itulah makanya kami terus berusaha mengembangkan jejaring komunitas pemuda mandiri antar desa yang sering kami sebut Ideas Share Forum (ISF) atau Forum Silaturahmi antar Komunitas. Hingga kini telah meliputi 11 desa di kabupaten Jepara

***
Oya, hal yang sangat kami suka adalah bahwa desa kami sangat berwarna. Ada banyak komunitas pemuda: Sekar Gandrung, Sekar Kampoeng, Putra Kembang, Lotus, Ikpas, IPNU-IPPNU, Anshor, dan ada juga yg belum punya nama dan mulai tumbuh bagus.

Walaupun di desa kami memiliki banyak komunitas pemuda, itu tidak berarti membuat kami tersekat dan terpisah-pisah tanpan persatuan. Teman-teman dari berbagai komunitas yang ada agaknya sudah cukup dewasa dengan perbedaan dan keberagaman. Justru itu semua membuat desa kami bernuansa warna-warni nan indah. Teman-teman tahu kapan saatnya berprivasi jalan sendiri-sendiri dan kapan harus bersinergi dalam kebersamaan dan keberagaman.
Kami tentunya sangat berharap agar desa kami menjadi desa yang gemah ripah loh jinawe. Makmur sentosa. Dan bagi kami, desa kami tidak sekedar tumpah darah tetapi juga sebagai universitas kehidupan kami. Desaku Universitasku atau My Village's My CommuUniv, itulah semboyan kami kini.
Inilah pemandangan desa kami dari udara, hasil pencitraan Google Earth 5 Januari 2010. Nampak dalam gambar Lokasi Awal (paku kuning) adalah balai desa Jinggotan. Ia berada di km 21,5 dari kota Jepara ke arah Pati, dan 0 km dari pusat kecamatan Kembang, sebab dukuh Kembang desa Jinggotan menjadi pusat kecamatan. Inilah desa kami, Universitas Komunitas kami. It's our CommuUniv. Tentang CommuUniv ini juga pernah kami singgung dalam sebuah artikel yang berjudul Surat Buat Sahabat # 2 (Paham Komunitas, Tidak Komunisme).
  Demikianlah sekilas tentang kami.. semoga bermanfaat.



Back To Top